Gunung Awu, Kepulauan Sangihe




Gunung Awu, Kepulauan Sangihe












Gunung Awu adalah gunung dengan jenis stratovolcano yang terletak di Kepulauan Sangihe. Letusan besar terjadi pada tahun-tahun 1711, 1812, 1856, 1892 and 1966 yang menyebabkan lebih 8000 orang tewas akibat letusan gunung Awu.
Untuk mencapai puncak gunung ini pada umumnya pendakian dilakukan atau dimulai dari Kampung Anggis di pantai selatan, sejauh kurang lebih 7 km dari kawah. Perjalanannya adalah diantara S.Muande dan S. Maelebuhe dan pada awalnya pendakian dilakukan dengan melalui perkebunan kelapa hingga titik triangulasi 350 meter. Kemudian pendakian akan menemui Dusun Kanaka dan setelah itu menuju Panise dan berakhir di Panto Unema.
Perjalanan setelah Panto Unema agak lebih berat  karena pendakian melalui punggung utara ini akan melalui jurang Muade dan Malebuhe yang pertama kali dilalui oleh Kusumadinata pada tahun 1968. Hingga garis ketinggian 500 meter masih dijumpai perkebunan rakyat, setelah itu perjalanan akan melewati daerah dengan tumbuhan panda dan akan semakin jarang ketika perjalanan semakin ke atas.


Responses

0 Respones to "Gunung Awu, Kepulauan Sangihe"

Post a Comment

Recent Comments

sitemeter

Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors